Selasa, 06 Desember 2011

Diary Anak Kos... :D


Guys, jadi anak kost itu ada seninya loh. Bukan berarti setelah kost kita bisa hidup bebas dan tanpa aturan. Justru dengan hidup sebagai anak kost, akan melatih kesabaran, disiplin dan mental kita untuk selanjutnya menjadi bekal penting dalam hidup. So, coba baca tips singkat di bawah ini sebelum memutuskan hidup sebagai anak kost :

Pertama, patuhi peraturan dasar di rumah kost. Misalnya ada jam malam, yang mengharuskan semua penghuni kost sudah berada di dalam sebelum pukul 9 malam. Atau ada peraturan soal kebersihan kamar kost, pemakaian air dan listrik hingga peraturan boleh atau tidaknya menerima tamu. Ikuti semua aturan di atas. Melatih kedisiplinan sekaligus membuat kita lebih teratur dan patuh pada aturan. Hal ini bagus untuk modal kamu memasuki dunia kerja nanti.

Kedua, pelihara dan jaga hubungan baik dengan sesama penghuni. Kost bukan berarti membuat kita selfish loh. Usahakan mengenal tetangga kanan dan kiri kita di tempat kost. Usahakan bertegur sapa dan menjalin komunikasi dengan mereka. Ini akan membuat kita lebih peka dan siap bersosialisasi di tingkat yang lebih besar seperti dunia kerja nantinya.

Ketiga, yang paling penting adalah melatih kedisiplinan diri dalam hal pemakaian uang untuk keperluan sehari-hari. Jadi anak kost itu bukan berarti harus hidup super hemat kok. Tapi bagaimana mengatur uang dan keperluan kita lainnya dengan lebih cermat dan bijak. Ini penting untuk modal kalian dalam dunia kerja kelak, berpikir cepat dan memakai skala prioritas!

Nah, ketiga hal ini penting untuk kamu lakukan. Sebenarnya hal-hal ini juga dapat diterapkan meski kamu tidak hidup sebagai anak kost. Tapi, dengan menjadi anak kost maka kamu akan terpacu untuk dapat mengatur hidupmu sendiri, keperluanmu sendiri tanpa melibatkan orang lain. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar